23
Sep
14

Membersihkan wajan besi saat pertama kali dibeli

Hari ini saya mendapatkan pengalaman yang sederhana tapi menarik terkait dengan wajan besi, but sebelumnya saya mau cerita dikit tentang kenapa saya membeli wajan besi untuk keperluan menggoreng. Seorang Chef menyarankan saya untuk membeli wajan tembaga untuk kegiatan goreng menggoreng tapi karena saya tidak mendapatkannya dia menyarankan  beli wajan besi sebagai alternatif. Ya sudah saya beli wajan besi, berbeda dengan wajan aluminium yang dibuat dengan proses cor, wajan besi dibuat dengan ditempa sehingga detailnya terkesan kurang rapi dan sangat berat sehingga kurang praktis. Tapi untuk membuat masakan tertentu seperti gorengan atau Chinnesse food wajan besi punya nilai tambah sendiri, konon serpihan wajan besi yang berukuran mikroskopis saat digunakan untuk memasak di api tekanan tinggi bisa menjadi pelengkap bumbu masakan:mrgreen: Selain itu panas wajan besi juga lebih awet, sehingga misal digunakan untuk memasak nasgor Yang Cau kesukaan saya, dengan kombinasi pengapian yang tepat dan ‘gerakan kungfu’ si penggoreng yang terampil maka pori-pori nasi akan terbuka dan menyerap bumbu-bumbu yang dicampurkan dan tertutup kembali.

Nah saat pertama kali saya beli, wajan tersebut kotor sekali. Selain debu dan kotoran yang melekat, stiker label dan barcode yang tertempel juga agak sulit dilepas. Dan disinilah saya melakukan satu kesalahan fatal, yaitu mencuci dengan air dan sabun plus sabut besi!

Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya wajan besi tersebut mengalami proses oksidasi alias karatan! Dan celakanya karat tersebut terus muncul setiap kali dibersihkan, saya mencoba segala cara untuk menghilangkan karat tersebut tapi gagal.

image(2)

Setelah diskusi sana-sini akhirnya saya membeli wajan besi lagi dan membersihkan dengan cara berikut :

  1. Olesi wajan dengan minyak goreng (2-3 sendok makan)
  2. Setelah diolesi merata, panaskan dan gosok seluruh permukaan untuk membersihkan kotoran yang menempel
  3. Tuangkan air panas untuk menyapu seluruh kotoran, jangan biarkan air habis menguap

Lihat bedanya:mrgreen:

Note: cara diatas tidak berhasil bila wajan besi sudah terlanjur dicuci seperti kasus saya di atas

image(3)


2 Responses to “Membersihkan wajan besi saat pertama kali dibeli”


  1. 1 Lathifah
    March 20, 2015 at 9:36 pm

    Jk seperti kasus diatas,apa yg hrus kita lakukan

  2. 2 linda nurul
    March 29, 2016 at 9:23 pm

    Bisa tdk wajan yg trlanjur perawatan pertamanya salah apa masih bs dbersihkan dan dgunakan lagi..
    Thanks infonya…


Leave a Reply

Millestone

  • 324,707 Hits

Arsip

Sponsored By

1st Indonesian Kettle Cooked Potato Chips


