24
Jun
11

Kamil dan Izabela, RTW Riders Polandia

Kamil di Bromo

Suatu hari saya mendapatkan pesan dari Goh Mia Chun yang memberitahukan bahwa ada sepasang suami istri yang tengah melakukan Ride The World dan telah berada di Indonesia. Tanpa ba bi bu saya langsung mengiyakan pertanyaan Goh untuk menjadi host bagi Kamil Gamanski dan Izabela Gamanska yang perjalanannya dapat diikuti di sini. Setelah mempelajari tentang kedua orang Polandia yang saling bertemu di Australia ini saya segera melakukan kontak dengan mereka via email, tawaran saya untuk menjadi host disambut baik oleh mereka dan setelah 2 minggu Kamil menelpon saya untuk memastikan tempat pertemuan kami. Pertemuan kami sempat tertunda 2 hari, pertama karena Honda Africa Twin Kamil sempat mengalami masalah di daerah Malang, kedua karena motor Iza yaitu Yamaha RX King yang baru dibeli di Kupang tidak memiliki penerangan yang cukup baik untuk berkendara di malam hari sehingga mereka harus bermalam di Ponorogo.

Setelah pada hari pertama kami berkumpul bersama dengan Donato sembari makan malam, waktu Kamil dan Iza lebih banyak dihabiskan untuk menikmati Jogja. Awalnya saya pikir mereka akan mengunjungi tempat-tempat wisata di Jogja dan sekitarnya tapi ternyata mereka lebih suka mengunjungi pasar becek ketimbang tempat lain, dan di Jogjalah untuk pertama kalinya kedua orang ini mencicipi daging burung dara! Kamil sendiri ternyata sangat menyukai sambal buatan Indonesia, pria yang pernah berkarir di Citibank Singapore ini menyukai sambal Indonesia karena fresh/baru aja diuleg😀

Honda Africa Twin plat Singapore

Yang sangat berkesan buat saya adalah ketika kami berbicara tentang passion kami masing-masing. Setelah 10 tahun meniti karir di Bank Kamil pun memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan menekuni passion-nya yaitu menjadi pilot! Kamil sendiri sudah memiliki sertifikasi sebagai penerbang dan mahir menerbangkan pesawat ringan seperti Cezna, pesawat capung, dll. walaupun mengaku belum tahu bagaimana akan menghasilkan uang dari kecintaannya pada dunia aviasi tersebut Kamil tetap kukuh pada pendiriannya. Begitu juga Iza yang meninggalkan perusahaan ekspor impor tempatnya bekerja, Iza yang mencintai dunia fotografi berniat menjadi fotografer profesional setibanya mereka di Polandia. Setelah  berbincang dengan mereka mengenai passion entah kenapa tiba-tiba pikiran saya menjadi penuh dengan lesatan memori dari pelajaran-pelajaran yang pernah saya dapat sebelumnya dari berbagai sumber, tiba-tiba saja saya teringat dengan sebuah artikel berjudul lentera jiwa dari Andy F. Noya yang saya temukan saat pindahan kantor, bersamaan dengan itu  saya juga teringat dengan isi pidato Steve Jobs berjudul stay hungry stay foolish di depan para wisudawan Stanford University, dan di saat itu pula saya teringat dengan seminar pakar kepemimpinan John C. Maxwell yang mengatakan bahwa “dua hari terpenting dalam hidup Anda adalah saat Anda lahir dan saat Anda menyadari tujuan hidup Anda” plus masih pada saat yang sama saya juga teringat dengan sebuah buku berjudul who moved my chesee karangan Spencer Johnson serta pesan moral dari film India berjudul 3 Idiots, semua kilatan tersebut muncul bersamaan dalam tempo yang singkat sehingga membuat saya merenung sejenak dan kemudian selama beberapa hari berikutnya membuat saya selalu susah tidur,,,

Memperbaiki kunci box touratech di dukun kunci

Kembali ke Kamil dan Iza, mereka berada di Jogjakarta selama 5 hari kemudian menginap sehari di Borobudur serta sehari kemudian pada hari minggu pergi menuju Dieng bersama saya yang kebetulan akan memperpanjang STNK di Wonosobo.  Karena mereka berdua sangat menyukai off road saya mengajak mereka melalui sebuah jalur off road sepanjang 18 km di lereng gunung Sindoro menuju Wonosobo, saya nekad aja meski menggunakan Ninja walau kemudian saya menyesali ide tersebut:mrgreen:

Diajak foto bersama oleh pemilik rumah makan di Kledung

Btw, Kamil dan Iza sendiri sudah memutari bumi ini karena mereka start dari Singapura. Mulanya mereka hanya riding dari Singapura menuju Polandia, namun di tengah perjalanan mereka berubah pikiran dan memutuskan untuk keliling dunia sekaligus,,,  Saat nongkrong di alun-alun Wonosobo Kamil sempat menanyakan bau sulfur yang tercium di sekitar kami, walau tidak yakin dengan jawaban saya sendiri saya mengatakan kepada Kamil bahwa mungkin bau belerang tersebut berasal dari bau salah satu kawah Dieng yang memang menurut media saat itu sedang aktif dan berbahaya. Begitu melanjutkan perjalanan kurang lebih 15 km kami baru menyadari bahwa bau belerang berasal dari Africa Twin Kamil! Motor Kamil mendadak mati dan ternyata air aki Africa Twin yang menurut si empunya sempat bermasalah sebelumnya mendidih! saat aki kering tersebut dibongkar ternyata air aki sudah menguap sampai habis, untunglah penduduk setempat memiliki air accu zur yang ternyata berhasil menghidupkan kembali aki si Africa Twin, belakangan ditemukan bahwa penyebab mendidihnya aki tersebut adalah karena regulator yang telah lapuk,,,

di jalur off road

Di Dieng kami sempat mampir ke kawah sikidang untuk mencicipi kentang goreng a la Dieng, dari kunjungan kami ke Dieng tersebut kami jadi tahu ternyata gembar-gembor media soal kawah aktif Dieng ternyata hiperbol,,,  jarak kawah yang aktif dari lokasi wisata cukup jauh sekitar 15 km sehingga Dieng aman dikunjungi. Saya tidak terlalu heran dengan hiperbola a la media seperti itu karena pernah mengalaminya saat peristiwa erupsi merapi akhir tahun lalu, bahkan Kamil mengamini dengan mengatakan “I’ve learnt from my journey on Pakistan and Iran, don’t trust the media”. Menjelang petang kami mendapatkan sebuah home stay untuk backpackers bernama Bu Jono. Nah, satu jam kemudian tiba saatnya bagi kami untuk mengucapkan salam perpisahan, tidak lupa saya meninggalkan kontak dengan rider lain di Bandung dan Jakarta. dzięki Kamil i Iza!!!


7 Responses to “Kamil dan Izabela, RTW Riders Polandia”


  1. 1 lekdjie
    June 25, 2011 at 6:13 am

    Wah.manteb tenan..

  2. June 25, 2011 at 10:50 pm

    Siip..Keep brotherhood..!

  3. June 26, 2011 at 8:49 pm

    Wah ga ketemu ane pas ke dieng nih………

  4. June 27, 2011 at 10:13 am

    wow wow wowowowowowoowowwoowowowoowowowowo saya jadi ikutan ga bisa tidur ini bahaya pemahaman nya racuuunnn dunia…hadoohhh……ini otak ga warass……

  5. July 13, 2011 at 11:14 am

    hebat…

    memiliki passion dan berani menjalaninya…

  6. September 20, 2014 at 11:16 am

    For newest information you have to visit world-wide-web and on world-wide-web I found this web page as a
    best web site for most recent updates.

  7. August 21, 2015 at 7:36 am

    I got this website from my pal who shared with
    me about this site and now this time I am browsing this website and
    reading very informative articles or reviews at this place.


Leave a Reply

Millestone

  • 324,707 Hits

Arsip

Sponsored By

1st Indonesian Kettle Cooked Potato Chips


